4.5 C
London
Sabtu, November 27, 2021

Mengabdi Ke Masyarakat, Mahasiswa Unpam Perkenalkan Keterampilan Informatika

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

TANGERANG, gelumpai.id – Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) memperkenalkan Ilmu Teknologi Informatika dan Jaringan kepada masyarakat di Kelurahan Bambu Apus, Kota Tangerang Selatan. Kegiatan itu dalam rangka pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM).


Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa menyampaikan kepada masyarakat terkait materi yang berkaitan dengan pengenalan dan pemanfaatan teknologi informatika dan jaringan komputer.


“Materinya secara garis besar membahas tentang pengertian, cara penggunaan, cara instalasi, dan manfaat teknologi informatika dan jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam dunia kerja (industri),” ujar penanggungjawab kegiatan, Faroeq Althof, dalam rilis yang diterima, Minggu (7/11).


Menurutnya, kegiatan tersebut diadakan lantaran banyaknya remaja di Bambu Apus yang kurang teredukasi mengenai teknik informatika dan praktik instalasi jaringan komputer.


“Dan juga diharapkan pelatihan tersebut dapat menjadi edukasi dan juga menjadi bekal atau informasi penting tentang pengenalan ilmu teknologi informatika dan jaringan bagi kalangan remaja untuk siap terjun ke dunia industri (kerja) atau kuliah pun nanti,” tuturnya.


Faroeq menuturkan bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan interaktif. Tidak lupa pula di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, pihaknya tetap menegakkan protokol kesehatan selama kegiatan.


“Pada setiap sesi materinya diberikan pemaparan melalui presentasi Power Point yang ditampilkan melalui proyektor. Dan untuk pelatihan, kita selama 1/2 hari full (pagi – siang), terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pengenalan dan sesi pelatihan,” jelasnya.


Pada sesi pertama, pihaknya melakukan pengenalan dasar tentang teknologi informatika dan jaringan komputer. Sesi tersebut terdiri atas materi apa saja manfaat dari teknologi informatika dan jaringan, fungsi teknologi informatika dan jaringan komputer tersebut, dan manfaat dari teknologi informatika dan jaringan komputer.


“Pada sesi kedua, kami langsung melakukan pelatihan atau praktik oleh para remaja, dengan membentuk kelompok dan didampingi oleh mahasiswa di masing-masing kelompok. Pada sesi ini semua peserta mempraktikkan mulai dari pengkabelan sampai melakukan testing pada kabel LAN,” ucapnya.


Pada akhir sesi, pihaknya juga memberikan sebuah doorprize untuk 7 orang yang bisa menjawab pertanyaan terkait materi yang sudah di sampaikan sebelumnya, serta sertifikat pelatihan untuk seluruh peserta.


Ketua RT 04, Muhammad Nur Ali, berharap agar kegiatan tersebut dapat memberikan semangat serta motivasi bagi kalangan remaja setempat. Ia pun mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut.


“Karena selain belajar teori, remaja di sini juga bisa mendapatkan ilmu tentang teknologi informatika dan praktik instalasi jaringan komputer yang bisa sebagai bekal untuk lebih baik kedepannya,” ujarnya.


Dosen pembimbing, Wishnu W, berharap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswanya tersebut dapat berlangsung secara berkesinambungan. Sehingga, masyarakat dapat benar-benar merasakan kehadiran Unpam.


“Ini harus berkesinambungan, mahasiswa harus berkontribusi dalam peningkatan SDM yang berkualitas dan professional dengan cara humanis dan religius karena hal itu merupakan misi Universitas Pamulang dalam mensukseskan pendidikan di Indonesia,” tandasnya.

(AA)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here