17 Februari dalam Sejarah: Kosovo Deklarasi Merdeka Sepihak, Filsuf Giordano Bruno Dibakar Hidup-hidup

GELUMPAI.ID – Mungkin bagi mayoritas orang, 17 Februari merupakan hari biasa. Namun, ada juga yang menganggap bahwa 17 Februari merupakan hari penting yang harus diingat.

Maka dari itu, berikut merupakan sejumlah peristiwa sejarah penting untuk diketahui, yang terjadi pada 17 Februari.

Kosovo Mendeklarasikan Diri Merdeka

Pada 17 Februari 2008, Kosovo memproklamirkan kemerdekaannya sebagai Republik Kosovo.

Sebelumnya, Kosovo adalah sebuah provinsi di Serbia di bawah administrasi PBB, tetapi pada 17 Februari 2008 Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan secara sepihak.

Deklarasi ini ditentang oleh Serbia, tetapi didukung oleh negara-negara Barat.

Sejumlah negara mengakui kemerdekaan Kosovo, diantaranya yaitu Albania, Amerika Serikat, Britania Raya, Prancis, dan Turki.

Sedangkan negara yang menolak kemerdekaan Kosovo yaitu Republik Rakyat Tiongkok, Rusia, dan Serbia.

Pemerintah Indonesia dalam menyikapi persoalan Kosovo, sangat berhati-hati. Kendati ada desakan dari beberapa kalangan agar Indonesia segera mengakui kemerdekaan Kosovo.

Hingga saat ini, Kosovo menjadi tempat pertentangan wilayah yang masih berlangsung antara pemerintah Serbia dan penduduknya yang mayoritas merupakan etnis Albania.

Filsuf Giordano Bruno Dibakar Hidup-hidup

Pada 17 Februari 1600, seorang filsuf asal Italia, Giordano Bruno, dihukum bakar hidup-hidup di Campo de ‘Fiori di Roma, karena dianggap menyimpangkan dari ajaran agama Kristen.

Selain filsuf, Bruno juga merupakan pendeta dan ahli kosmologi. Ia dikenal karena penggunaan dan pembuatan seni memori, sebuah sistem jembatan keledai yang didasarkan pada pengetahuan terkumpul.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID