GELUMPAI.ID — Konten Korea kini menjadi yang kedua paling populer di Netflix secara global, menurut laporan terbaru dari Ampere Analysis.
Firma riset yang berbasis di London ini mengungkapkan pada hari Selasa (waktu setempat) bahwa konten Korea menyumbang 8-9 persen dari total jam tayang di platform tersebut, hanya kalah dari produksi asal AS yang mendominasi dengan 56-59 persen.
Dari 500 judul non-Inggris paling populer di Netflix, sebanyak 85 judul atau 17 persen berasal dari Korea.
Beberapa konten Korea yang paling banyak ditonton termasuk “Squid Game” Season 2, “Love Next Door,” dan “Culinary Class Wars.” Sementara itu, hits lama seperti “Queen of Tears,” “Squid Game” Season 1, dan “Crash Landing on You” masih terus menarik penonton global.
Ampere Analysis menyebut kesuksesan ini berkat investasi Netflix dalam produksi asli Korea dan kesepakatan lisensi.
Lebih dari setengah judul Korea di 100 besar Netflix adalah produksi asli Netflix, sementara konten yang dilisensikan secara eksklusif — terutama dari CJ ENM — mendominasi sisanya.
Firma ini memperkirakan bahwa investasi Netflix yang direncanakan sebesar $2,5 miliar dalam produksi konten Korea pada 2028 akan mempertahankan tren ini.
Data terbaru mendukung prediksi tersebut.
Pada pekan yang berakhir Minggu lalu, drama Korea mendominasi 60 persen dari 10 besar acara non-Inggris Netflix, dengan “Karma” di posisi kedua, “When Life Gives You Tangerines” di posisi ketiga, “Kian’s Bizarre B&B” di posisi keenam, “Weak Hero: Class 1” di posisi ketujuh, “Friendly Rivalry” di posisi kesembilan, dan “Resident Playbook” di posisi kesepuluh.
Sumber: Korea Times