ASIAP! Program TJSL Elnusa Petrofin Guna Bersihkan Laut Sapa Raya dari Sampah

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Selatan, Dorkas Singkala, menyampaikan bahwa pihaknya bangga dan berterima kasih atas inisiatif yang dilakukan oleh PT Elnusa Petrofin. Ia berharap, program itu tidak hanya sebatas seremonial, namun terus berkelanjutan.

“Harapan kami selaku pemerintah, kontribusi Elnusa Petrofin menjadi tolak ukur kemajuan Minahasa Selatan. Dimana program ini sekaligus berguna untuk meningkatkan kesadaran kita akan perubahan iklim yang membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif khususnya dalam pengelolan sampah,” ujar Dorkas Singkala.

Program ASIAP ini berdampak terhadap 2.907 orang yang merupakan penduduk di tiga desa ring 1 Depot LPG Amurang.

Program itu diproyeksikan dapat mengurangi sampah laut hingga 7,2 Ton per bulan, yang tentunya kegiatan ini juga melibatkan partisipasi masyarakat melalui pembentukan kepada Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya.

Rita J.J Pangkey selaku Hukum Tua Desa Sapa pun mengucapkan rasa terima kasih dan berharap program CSR ASIAP ini dapat membawa dampak yang signifikan bagi kebersihan lingkungan di wilayah Desa Sapa Raya.

Senada disampaikan oleh Camat Tenga, Petrus Ulaan. Ia berharap inisiatif mulia dari Elnusa Petrofin dapat menggerakkan dan diikuti pelaku usaha dan industri, khususnya di Kecamatan Tenga, Minahasa Selatan.

“Serta turut mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang resik dan bertanggung jawab kepada lingkungan, khususnya Kecamatan Tenga,” kata Petrus.

Kedepannya, masyarakat yang termasuk dalam Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya akan mendapatkan pelatihan lebih lanjut khususnya pemilahan sampah skala desa dan pembentukan bank sampah.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID