Begini Ramalan Nilai Tukar Rupiah Hingga Akhir Tahun, Semakin Meroket?

GELUMPAI.ID –Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Faisal Rachman, memperkirakan nilai tukar pada akhir 2022. Menurutnya, nilai tukar diperkirakan akan mengakhiri tren pelemahan dalam waktu dekat.

(AS) yang kini pada level Rp 15.000 akan ditinggalkan. Pada akhir tahun nanti, akan berada di level Rp 14.765. Hal ini didukung oleh beberapa faktor yang bersumber dari internal dan eksternal.

Baca Juga:  Inflasi Tahunan Tertinggi dalam 5 Tahun, Kemenkeu Waspadai Lonjakan Harga Pangan

diperkirakan 14.765/US$ hingga akhir 2022,” tulis Faisal dalam risetnya dikutip CNBC , Kamis (7/7/2022)

Dari internal sendiri, kepercayaan investor untuk menempatkan modal di dalam negeri akan semakin menguat. Menyusul pemulihan ekonomi yang terus berjalan dan terkendalinya .

Sementara sisi eksternal, ditopang oleh lonjakan harga komoditas internasional. Tren peningkatan ekspor akan terus berlanjut sehingga membuat transaksi berjalan bisa kembali surplus walaupun menipis, yaitu 0,03% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca Juga:  Inflasi Meningkat, Pemkot Pastikan Bahan Pokok Tercukupi

Potensi terjadinya modal ke luar alias outflow khususnya dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) juga tidak bisa terhindarkan dalam sementara waktu. Dikarenakan Bank Sentral AS Federal Reserve () yang semakin agresif menaikkan suku bunga acuan untuk meredam .

“Cadangan devisa kami perkirakan sekiar US$ 130-140 miliar di akhir 2022,” terangnya.

Rekomendasi

Komentar ditutup.

  • Gelumpai.ID All Right Reserved