Dies Natalis Pkh Untirta Ke-8, Minta Pemerintah dan Masyarakat Sinergi Implementasikan Perda Disabilitas

GELUMPAI.ID – Himpunan mahasiswa jurusan Pendidikan Khusus (Hima Pkh) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar seremonial Dies Natalis Pkh ke-8 bertajuk ‘mempererat tali persaudaraan dan solidaritas serta menerapkan nilai kepedulian sosial dalam semarak dies natalis Phk-8’. Pada momen tersebut, mereka meminta agar Pemerintah dan masyarakat dapat bersinergi dalam mengimplementasikan Peraturan daerah (Perda) Disabilitas yang belum lama ini disahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Ketua Umum Hima PKh Untirta, Nedi Saputra, mengungkapkan bahwa Pkh merupakan satu-satunya jurusan pendidikan khusus yang ada di Banten. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar Pemerintah daerah di seluruh Provinsi Banten dan Pemprov Banten agar dapat melibatkan Pkh Untirta dalam setiap pembahasan berkaitan dengan hak-hak dan penyetaraan para penyandang disabilitas.

“Kami meminta agar setiap Pemda se-Provinsi Banten dan Pemprov Banten dapat lebih bersinergi, karena hanya di Untirta yang memiliki jurusan pendidikan khusus. Seharusnya pemerintah lebih bersinergi berkaitan dengan pembahasan hak-hak penyandang disabilitas, hari ini banyak dari kami yang belum terlibat dalam pembahasan tersebut,” ujarnya, Minggu (29/5).

Ia menegaskan, meski Perda disabilitas sudah disahkan, namun banyak pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah daerah dianggap belum memadai. Bahkan, tak sedikit masyarakat yang masih menggunakan akses jalan bagi penyandang disabilitas yaitu guiding blok, yang sampai hari ini masih digunakan untuk berjualan dan sebagainya.

“Perda disabilitas memang sudah disahkan, tapi dalam pengimplementasiannya masih belum optimal. Oleh karena itu, kami akan kawal untuk pengimplentasiannya dan terus dorong, sehingga nantinya hak-hak penyandang disabilitas dan kesetaraan untuk para penyandang disabilitas terpenuhi secara optimal,” tuturnya.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin