Duh! Dua Sapi di Kabupaten Serang Terjangkit PMK, Ini yang Dilakukan Pemkab Serang

Pada kesempatan tersebut, Zaldi mengungkapkan bahwa wabah PMK ini dapat merugikan peternak. Sebab, apabila hewan positif terjangkit PML, apabila umur hewan tersebut masih muda, tingkat kematiannya tinggi.

“Kalau yang sudah dewasa, biasanya mereka jadi mandul, kalau yang sedang hamil itu jadi abortus. Kalau sudah sembuh pun, peningkatan berat badannya jadi tidak berpengaruh,” ujarnya.

Menurutnya, secara umum produksi daging di Kabupaten Serang juga terancam. Sehingga pihaknya mengupayakan agar hewan yang terjangkit PMK itu diberikan penanganan secara ketat dan serius.

“Memang bagi yang terkena hari ini dan belum ada vaksinnya, kita akan beri vitamin kemudian antibiotik diperlukan, karena biasanya kalau kena PMK kondisi tubuh hewan ini lemah dan muncul penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakterial, sanitasi kandang dan lingkungan,” katanya.

Diakhir Zaldi menyebutkan bahwa hewan terjangkit PMK juga berpeluang untuk sembuh, meskipun berpengaruh pada berat badan dan kehamilan.

“Berpeluang untuk sembuh meskipun berpengaruh pada berat badan dan kehamilan. Jadi mereka tidak bisa punya anak lagi, masih bisa diupayakan untuk diobati asalkan secara ketat,” tandasnya.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID