Geothermal Padarincang Kembali Ditolak, Masyarakat Akui Bisa Hidup Tanpa Industri

GELUMPAI.ID – Proyek Geothermal Padarincang atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) kembali terancam gagal dibangun.

Pasalnya proyek Geothermal Padarincang tersebut, kembali menuai banyak penolakan dari masyarakat sekitar.

Bahkan berdasarkan hasil pantau di lapangan, suasana sempat memanas, lantaran sejumlah warga Padarincang berusaha untuk menghalau alat bera yang berusaha untuk masuk ke area pembangunan Geothermal tersebut.

Di jalan akses utama menuju Gunung Prakasak, area pelaksanaan proyek, masyarakat berkumpul sembari melantunkan shalawat dan beristigosah.

Di belakang mereka, sejumlah banner terpasang untuk memblokade jalan masuk menuju Gunung Prakasak.

Berbagai kalimat bertemakan perlawanan terhadap rencana pembangunan Geothermal pun tertulis di atasnya.

Aksi blokade jalan dan salawat tersebut berlangsung bersamaan dengan hujan yang tengah turun. Aksi itu juga dikawal oleh puluhan personel TNI.

Tidak terlihat adanya gesekan fisik antara masyarkat dengan personel yang berjaga.

Direktur Eksekutif Pena Masyarakat, Mad Haer Efendi, mengatakan bahwa penolakan yang dilakukan oleh masyarakat Padarincang terhadap pembangunan Geothermal, lantaran dalam pelaksanaan pembangunan yang merupakan langkah transisi energi itu, hanya berfokus pada aspek teknologi saja.

“Gagasan mengenai transisi energi seringkali hanya berfokus pada aspek teknologi, tidak berfokus kepada aspek lainnya seperti aspek sosial, ekonomi, serta lingkungan,”

“Mereka hanya berfokus kepada bagaimana caranya untuk mendanai dan membangun infrastruktur energi terbarukan,” ujarnya pada Kamis, 17 November 2022.

Ia mengatakan bahwa agenda transisi energi yang direncanakan oleh pemerintah, khususnya di Padarincang, tidak memasukkan terkait biaya mitigasi risiko sosial dalam perhitungan pemangku kebijakan.

Taufiq Solehudin
WRITTEN BY

Taufiq Solehudin

Suka menyimak, tertarik menjadi pendengar yang baik, tapi tidak minat dengan kopi | Soup Beef Enthusiast

Tinggalkan Balasan