Hati-hati! Subvarian Omicron Baru Bikin Kota di China Lockdown Lagi  

Tentu saja lockdown ketat kembali membuat warga Xi’an gempar. Apalagi, kenangan kekacauan akibat lockdown ketat dari Desember 2021-Januari 2022 masih membayangi kepala mereka.

Warga belum lupa imbas lockdown ketat itu membuat mereka kekurangan makanan, hingga ada mirisnya perempuan hamil besar ditolak perawatannya sampai-sampai membuat seluruh negeri marah.

Pada Selasa malam, beredar foto dan video yang diunggah oleh warga Xi’an di media sosial yang menunjukkan kerumunan besar pelancong yang membawa tas dan koper besar di stasiun kereta. Para turis bergegas meninggalkan kota.

Di distrik kota Changan, warga diperintahkan untuk menjalani tes Covid secara massal mulai tengah malam hingga Rabu pukul 6 pagi. Mereka hanya diperbolehkan meninggalkan komunitas mereka, memasuki tempat-tempat umum dan menggunakan transportasi umum setelah mengikuti tes.

Hingga Rabu, Xi’an telah melaporkan 29 infeksi lokal. Sementara itu di Shanghai, pihak berwenang pada hari Selasa memerintahkan pengujian massal untuk 12 dari 16 distriknya sebagai tanggapan atas beberapa infeksi baru yang terkait dengan bar karaoke.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin