Jadi Nominasi Kota Inovatif, Walikota Serang Terima Kunjungan Tim Validasi Kemendagri

GELUMPAI.ID – Walikota Serang menerima kunjungan Tim Validasi Kemendagri, usai masuk jajaran 12 besar nominasi Kota Inovatif pada Kamis, 1 Desember 2022.

Tim Validasi Kemendagri tersebut melakukan validasi lapangan, perihal paparan yang telah disampaikan kepada Kemendagri pada beberapa waktu lalu.

Walikota Serang Syafrudin menyampaikan, sebelumnya Kota Serang telah mengajukan 78 inovasi untuk diikut sertakan dalam Penghargaan IGA tahun ini.

Setelah dilakukan beberapa tahapan proses, akhirnya saat ini dilakukan validasi oleh tim penilai untuk mencocokkan hasil presentasi serta laporan dengan kenyataan di lapangan.

“Sebenarnya dari usulan kita ada sekitar 78 inovasi, yang dua ini kita presentasikan kepada Kemendagri. Yang pertama inovasi kaitannya dengan Kampung Resik Lan Aman, dan Inovasi terkait Peka Pajak,” ucap Walikota Serang Syafrudin.

Kemudian ia pun menjelaskan terciptanya inovasi ‘Kampung Resik Lan Aman’ merupakan terobosan untuk mengentaskan kekumuhan dilingkungan masyarakat, sehingga tercipta sebuah inovasi kampung resik lan aman.

“Ternyata terbukti, setelah tiga tahun berjalan, Kampung Resik Lan Aman ini menjadi sebuah pelopor perubahan terutama masalah persampahan kekumuhan lingkungan, dan keamanan salah satunya menghindari Narkoba” ungkapnya menjelaskan.

Adapun terkait Peka Pajak yang diinisiasikan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Serang, sangat berpengaruh terhadap peningkatan PAD Kota Serang, terutama terkait perpajakan yang mempermudah Masyarakat atau Wajib Pajak untuk membayar pajak.

“PAD kita tahun 2018 itu hanya 185 Miliar di 2023 ini mencapai 300 Miliar jadi sudah hampir 100 persen peningkatannya hanya dengan waktu 4 tahun” tutur Syafrudin.

Taufiq Solehudin
WRITTEN BY

Taufiq Solehudin

Suka menyimak, tertarik menjadi pendengar yang baik, tapi tidak minat dengan kopi | Soup Beef Enthusiast

Tinggalkan Balasan