Jakarta Sabet Gelar Juara Kota Penanggulangan Perubahan Iklim Terbaik

Hal ini merupakan hal yang sangat membanggakan karena menunjukkan kota dan kabupaten di Indonesia yang terus menerus meningkat untuk menanggulangi perubahan iklim.
 
Indonesia memang menorehkan prestasi yang membanggakan dalam kompetisi OPCC dan WLC. Keberhasilan pemerintah-pemerintah daerah Indonesia tersebut diharapkan dapat menginspirasi pemerintah daerah lainnya untuk turut berpartisipasi dalam kompetisi ini dan berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan rendah emisi.

Kesuksesan Indonesia dalam penyelenggaraan OPCC 2021-2022 tidak lepas dari kerjasama Yayasan WWF Indonesia dengan mitra-mitranya, yaitu Yayasan ICLEI Indonesia, APEKSI dan APKASI/LTKL.

Menurut para ilmuwan dunia, kita harus bertindak segera untuk mengurangi emisi GRK secara signifikan hingga 45 persen pada tahun 2030 dan mencapai net zero emission pada tahun 2050, jika ingin berhasil beradaptasi dengan perubahan iklim.

Target ini diadopsi sebagai tujuan dari Perjanjian Paris – untuk menjaga suhu global di bawah kenaikan 1,5 C. Kota sebagai rumah bagi 55% populasi dunia dan menyumbang lebih dari 70% emisi global, memiliki peran penting dalam memenuhi tujuan global tersebut.

Oleh karena itu, OPCC 2021-2022 memfokuskan pada tema keselarasan target iklim kota dengan tujuan Perjanjian Paris.

Peserta OPCC telah melaporkan total potensi pengurangan emisi sebesar 3,9 Gt GRK (pada tahun 2050) menggunakan sistem pelaporan CDP-ICLEI.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID