Kondisinya Masih Tidak Jelas, Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak dengan Senjata Rakitan

Perdana Menteri Fumio Kishida membatalkan kampanye dan kembali ke Tokyo, di mana dia akan berbicara kepada wartawan. Tidak jelas apakah penembakan itu akan memengaruhi waktu pemilihan, yang diharapkan LDP akan menang dengan mudah. Pemungutan suara awal sudah dimulai.

“Ini datang sebagai kejutan besar,” ujar Hiromichi Watanabe, anggota senior LDP, di markas partai yang berkuasa.

Ia mengaku tidak percaya hal seperti itu terjadi di Jepang.

“Saya tidak percaya hal seperti ini akan terjadi di Jepang,” ucapnya.

Duta Besar AS, Rahm Emanuel menyebut, Abe merupakan pemimpin Jepang yang luar biasa dan sekutu Amerika Serikat yang tak tergoyahkan.

“Rakyat Amerika berdoa untuknya dan Jepang,” katanya.

Yen menguat terhadap dolar AS setelah berita itu tersiar, karena investor secara refleks mencari tempat berlindung. Mata uang Jepang diperdagangkan 0,4 persen lebih tinggi di sekitar 135,50 per dolar pada siang hari waktu Tokyo. Nikkei 225 berjangka menghapus kenaikan setelah berita jatuhnya Abe.

Abe merupakan perdana menteri terlama di Jepang, mengundurkan diri pada Agustus 2020 untuk menjalani perawatan penyakit kronis. Namun, dia tetap berpengaruh secara politik untuk mendorong lebih banyak pengeluaran pertahanan dan memperingatkan China bahwa setiap invasi ke Taiwan akan menjadi bencana bagi ekonominya.

Jepang adalah negara dengan beberapa undang-undang senjata paling ketat di antara ekonomi terkemuka dan penembakan jarang terjadi. Namun kekerasan politik masih terjadi dari waktu ke waktu: Pada tahun 2007, Itcho Ito, walikota Nagasaki, tewas setelah ditembak dua kali oleh seorang anggota geng kejahatan terorganisir.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin