Kondisinya Masih Tidak Jelas, Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak dengan Senjata Rakitan

GELUMPAI.ID – Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak menggunakan senjata rakitan buatan tangan saat berpidato di kota Nara, Jepang bagian barat, pada Jumat (8/7/2022).

“Senjata yang digunakan untuk menembak Shinzo Abe adalah senjata rakitan buatan tangan dan polisi sekarang sedang menyelidikinya,” ungkap laporan badan penyiar Jepang NHK.

Polisi dilaporkan telah menyita senjata tersebut. Senjata itu tampaknya menggunakan bahan, seperti solatip hitam.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno, mengatakan Partai Demokrat Liberal sedang mempersiapkan tanggapan atas penembakan Shinzo Abe.

Ia mengatakan bahwa status kondisi Abe masih tidak jelas. Menurutnya,  Pemerintah Jepang telah menyiapkan operasi manajemen krisis, dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan menteri kabinet sekarang menuju Tokyo.

“Ada tembakan pada pukul 11.30 (waktu setempat). Polisi telah menangkap satu orang. Kondisi Abe tidak diketahui,” ungkap Matsuno.

Matsuno menegaskan bahwa kekerasan seperti itu tidak dapat diizinkan. Pihaknya pun kemudian menentang keras serta akan mengambil segala tindakan yang mungkin dilakukan.

“Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (67) ditembak dua kali dari belakang sekitar tiga meter (10 kaki) jaraknya saat berkampanye untuk pemilihan majelis tinggi Minggu di kota barat Nara,” terang penyiar NTV, mengutip seorang pejabat di Partai Demokrat Liberal yang berkuasa.

Dua video yang disiarkan NHK menunjukkan apa yang tampak seperti asap senjata yang datang dari belakang Abe saat dia berbicara dan seorang pria ditangani oleh petugas keamanan di jalan segera sesudahnya.

“Abe segera dilarikan ke rumah sakit dan mungkin mengalami serangan jantung,” ungkap Kyodo News, mengutip petugas pemadam kebakaran setempat.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin