KPK Didapuk Penghargaan Germas Award 2022

GELUMPAI.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didapuk penghargaan dalam Penganugerahaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Award Tahun 2022.

Penganugerahan Germas Award itu diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK).

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, hadir langsung menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Menteri Kemenko PMK Muhadjir Effendy.

Dari lima kategori, KPK mendapatkan penghargaan untuk kategori Pelaksanaan Deteksi Dini dan Inovasi Terbaik.

Menteri Kemenko PMK, Muhadjir Effendy, menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Republik No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Isinya, menginstruksikan kepada para Menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati/walikota, dan semua pihak terkait untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

“Saya menyerukan untuk semuanya, hendaknya peduli dan memberikan perhatian pada Germas sebagai langkah yang sangat strategis dalam peningkatan masyarakat untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berdaya saing,” kata Muhadjir di Ruang Heritage Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (6/12).

Muhadjir menjelaskan, Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan kasus paling mematikan di dunia. Dimana 80% kasus kematian, khususnya di negara berkembang, disebabkan karena penyakit jenis ini. Data 2019, untuk Indonesia, kasus PTM sejak 2013-2018 terus mengalami peningkatan.

Data itu menyebutkan pengidap hipertensi meningkat 34 persen, diabetes melitus 8,5 persen, obesitas 31 persen, diperburuk dengan meningkatnya pula kasus penyakit menular seperti TBC, HIV dan AIDS.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID

Tinggalkan Balasan