Lantik Pengurus PPS, KPU Kabupaten Serang Dapat Kritikan Keras DPW PKB Provinsi Banten

DPW PKB Provinsi Banten mengkritik keras pelantikan pengurus PPS oleh KPU Kabupaten Serang di lingkungan Pemda Kabupaten Serang/Gelumpai.id/Munuf

GELUMPAI.ID – Pelantikan anggota () oleh , mendapat kritikan keras dari .

Kritikan tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Sekretaris , .

Pasalnya, menyayangkan rencana yang bakal melantik Badan Adhoc di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Menurut Gofur, hal itu bertentangan dengan nilai-nilai etik dimana KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu independen dan mandiri tidak sepatutnya menyelenggarakan pelantikan badan adhoc dilingkungan Pemda Serang.

“Memang tidak ada norma larangan dalam undang-undang no 7 tahun 2017 dan perundang-undangan lainnya,”

“Tetapi secara etik KPU harusnya memberikan tauladan terhadap tingkatan di bahwanya dari mulai PPK, sampai tingkat KPPS sebagai badan adhoc penyelenggara pemilu harus independen,” ujar , Wakil Sekretaris .

Gofur mengatakan, merujuk pada undang-undang no 7 tahun 2017 tentang pemilu penyelenggara harus memenuhi sebelas prinsip yakni mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien.

“Ini tampak terlihat kegenitan, saya faham indor itu milik rakyat dan dibiayai oleh APBD tapi saya kira itu kurang etis,” katanya.

Gofur menuturkan, semua lembaga negara memiliki serapan anggaran melalui APBN, pihaknya menanyakan apakah tidak memiliki anggaran sehingga melaksanakan pelantikan badan adhoc di lingkungan Pemkab Serang.

Taufiq Solehudin
WRITTEN BY

Taufiq Solehudin

Suka menulis, tertarik jadi pendengar, namun tidak begitu minat dengan kopi | Beef soup enthusiast

Tinggalkan Balasan