Mahasiswa Banten Absen Ikut Aksi 11 April di Jakarta

GELUMPAI.ID – Mahasiswa dari dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Provinsi Banten, dipastikan absen terlibat aksi unjuk rasa di Jakarta. Keduanya yakni Untirta dan UIN SMH Banten.

Untirta beralasan bahwa mereka kekurangan informasi terkait aksi yang rencananya digelar Senin (11/4) hari ini. Sementara UIN Banten mengaku lebih memilih untuk menggelar aksi massa di daerah.

Presiden Mahasiswa (Presma) Untirta, Ryco Hermawan, mengatakan bahwa terdapat sejumlah pertimbangan yang membuat mereka absen aksi di Jakarta. Salah satunya berkaitan dengan informasi.

“Karena menimbang satu dan lain hal yang membuat perhitungan dalam eskalasi nasional yang masih membutuhkan kejelasan, juga informasi yang pasang surut,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (10/4).

Menurutnya, dengan menghadapi minimnya informasi, dikhawatirkan massa aksi dari Untirta hanya akan menjadi massa yang tak tahu arah dan tujuan.

“Kekhawatiran jika kami memaksakan turun pada tanggal 11 nanti, hanya menjadi masa aksi bias saja,” terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya bersikap untuk tidak ikut turun aksi di Jakarta. Kendati demikian, Ryco menuturkan jika pihaknya mendukung gerakan yang dilakukan oleh sejumlah elemen mahasiswa, seperti BEM Seluruh Indonesia (SI)

“Maka dari itu, kami dari BEM KBM Untirta menyatakan sikap untuk tidak turun ke jalan pada tanggal 11 di Jakarta, dengan catatan masih berada dalam barisan dan nafas perjuangan yang sama, juga secepatnya akan mengadakan aksi di lingkup daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Presma UIN SMH Banten, Wildan Mufti, mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih melakukan konsolidasi dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya. Namun, konsolidasi itu akan didorong untuk gerakan aksi di daerah.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID