Pantauan Ombudsman Banten: Minyak Goreng Masih Langka

“Di toko ritel modern, tidak tersedia stok karena selalu habis dalam hitungan jam. Pengiriman barang dilakukan setiap dua hari sekali dengan pasokan rata-rata enam karton atau sekitar 36 pcs, padahal hari biasa pasokan bisa mencapai 30 karton atau 180 pcs,” ucapnya.

Dedy mengatakan, menurut kepala toko dan area supervisor, kebijakan jumlah distribusi migor ditentukan oleh DC (distribution centre) masing-masing perusahaan retail, berdasarkan data penjualan barang dan pasokan dari supplier.

“Untuk Indomaret, setiap barang yang datang, tidak disimpan di gudang namun langsung di display untuk dijual. Untuk Alfamart, migor terlebih dahulu disimpan untuk didata sebelum dipajang dan/atau sebagian disimpan di gudang persediaan. Di Alfamart yang didatangi hanya ada enam pcs dua liter dengan harga Rp14 ribu,” katanya.

Untuk harga minyak curah eceran di warung tradisional berkisar Rp18 ribu liter dengan harga beli Rp14 ribu liter dari Pasar Rau. Beberapa warung tradisional dengan cara tertentu, membeli stok migor dengan HET dari retail modern, untuk dijual kembali. Sehingga harga eceran menjadi tidak HET.

“Di salah satu pasar modern hypermart dan retail modern Alfamart, barang baru didisplay setelah tim Ombudsman datang dengan alasan kebetulan baru mau dipasang. Seluruh retail modern dan toko tradisional yang didatangi mengaku belum pernah didatangi oleh instansi pemerintah, untuk melakukan pemeriksaan migor,” tuturnya.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID