Puluhan Ribu Warga Kota Serang Belum Terima Bantuan STB Gratis

“Nanti dari Disdukcapil di cleansing, setelah itu baru diserahkan ke Kominfo. Lalu kami serahkan ke kelurahan dan kecamatan untuk diverifikasi dan validasi, setelah itu dibuat keputusan Walikota, baru diserahkan kembali ke Kemenkominfo untuk pembagian STB,” terangnya.

Ia menegaskan, data calon penerima bantuan STB bukan dari pemerintah daerah, tetapi langsung dari Pemerintah Pusat. Oleh sebab itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi salah satunya yaitu warga tersebut masuk dalam kategori masyarakat miskin dan memiliki televisi analog.

“Kemudian satu rumah hanya bisa mendapatkan satu unit STB. Jadi masyarakat yang mampu, tidak bisa mendapatkan itu,” tegasnya.

Arif menyampaikan untuk penyaluran STB subsidi dari Kemenkominfo, pihaknya belum mendapat informasi secara jelas kapan akan mulai didistribusikan khusus untuk wilayah Kota Serang.

Menurutnya, Kota Serang tidak termasuk ke dalam daerah yang terdampak ASO atau ‘analog switch off’ TV analog.

“Sampai saat ini belum ada kepastian kapan (didistribusikan). Bahkan untuk ASO, sebetulnya Kota Serang tidak masuk, tapi faktanya, sebagian wilayah di Kota Serang sudah dilakukan switch off, padahal mereka (Kemenkominfo) menyatakan belum,” katanya.

Salah satu warga Kota Serang, Rohimah, mengaku dirinya sudah mendapat informasi bahwa akan ada penghentian penayangan TV analog.

Ia pun memastikan dengan menyetel TV yang masih digunakannya saat itu, dan benar saja tayangan menjadi buram tepat pukul 00:00 WIB.

“Pernah mendengar informasi akan dihapus penggunaan TV Analog seperti yang saya punya. Saya mengira sebatas informasi yang kurang valid, tapi ternyata memang benar,” katanya.

Rifqi Fatahilah
WRITTEN BY

Rifqi Fatahilah

Kenyamanan dalam bekerja merupakan kunci untuk mendapatkan hasil yang paripurna

Tinggalkan Balasan