Rangkuman Agresi Rusia ke Ukraina Hari Pertama: Eskalasi Menuju Perang dan Bencana Nuklir

Pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl pun pada akhirnya direbut oleh pasukan Rusia setelah pertempuran sengit untuk menguasai situs yang sekarang sudah tidak berfungsi.

“Mustahil untuk mengatakan pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl aman setelah serangan yang sama sekali tidak berguna oleh Rusia,” kata penasihat kantor Kepresidenan, Mykhailo Podolyak.

“Ini adalah salah satu ancaman paling serius di Eropa saat ini,” tambahnya.

Igor Novikov, mantan penasihat Zelenskyy mengatakan bahwa Ukraina membutuhkan bantuan untuk menjelaskan bagaimana bahayanya peperangan yang berkecamuk di Ukraina, untuk wilayah Eropa.

“Maksud saya, Ukraina memiliki 15 reaktor nuklir aktif dan limbah nuklir di Chernobyl: satu mortir meleset, dan semua orang di Eropa menghadapi bencana nuklir besar,” kata Novikov.

“Saya akan meminta semua orang untuk berbicara dengan perwakilan politik Anda, teman dan rekan Anda. Setiap orang harus memahami bahwa ini bukan hanya tentang Ukraina; seluruh Eropa dalam bahaya besar,” ujarnya.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengatakan bahwa Putin, ketika membuat ancaman tentang penggunaan senjata nuklir, perlu memahami bahwa NATO juga merupakan aliansi nuklir.

Ditanya apakah ancaman Putin atas “konsekuensi yang belum pernah Anda temui dalam sejarah Anda” sama saja dengan ancaman penggunaan senjata nuklir dalam konflik Ukraina, Le Drian mengatakan hal itu dipahami seperti itu.

“Ya, saya pikir Vladimir Putin juga harus memahami bahwa aliansi Atlantik (NATO) adalah aliansi nuklir. Itu saja yang akan saya katakan tentang ini,” kata Le Drian di televisi Prancis TF1.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID