Soal Suara Azan dengan Gonggongan Anjing, Yusril Ihza Mahendra Minta Menag Jaga Lisan

GELUMPAI.ID – Yusril Ihza Mahendra menyindir Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, yang dituding menyamakan suara azan dengan gonggongan anjing.

Yusril dalam unggahan Instagramnya mengatakan, seharusnya Menag tidak perlu sibuk-sibuk mengurusi suara azan dan bahkan membanding-bandingkan dengan suara gonggongan anjing.

Hal itu menurutnya bukan memperjelas masalah, namun malah membuat masalah yang ada semakin runyam.

Ia menuturkan, Yaqut sebagai Menag seharusnya menata dan mendorong kehidupan beragama yang tenang, aman dan damai di tengah kemajemukan. Sebab itu merupakan tugas utama Kemenag.

“Karena itu, Menteri Agama seyogianya dapat mengajak semua umat beragama hidup berdampingan secara damai dan saling menghormati perbedaan,” ujarnya, Senin (28/2).

Ia pun mengingatkan Yaqut agar harus berhati-hati dalam berucap, dan menggunakan tata bahasa yang halus serta menjunjung tinggi sopan santun dan budi bahasa.

“Ucapan-ucapan yang menyejukkanlah yang dinanti-nanti umat semua agama dari Menteri Agama. Setiap kebijakan yang akan diambil juga perlu direnungkan dalam-dalam segala dampaknya,” ungkap Yusril.

Ke depan, Yusril berharap Menag Yaqut dapat benar-benar menjaga lisan dan ucapannya, agar masalah-masalah seperti yang saat ini terjadi, tidak kembali berulang di masa mendatang.

“Sudah terlalu banyak masalah dihadapi bangsa dan negara kita ini. Jangan ditambahi lagi dengan masalah baru yang berawal dari ucapan dan kata-kata. Bersikap bijaklah!” tandasnya.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID