Walikota Serang Ajak Masyarakatnya Maknai Nilai-nilai Pancasila

Ia pun berharap kepada generasi muda khususnya, untuk terus mengamalkan Pancasila sebagai bentuk persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami berharap kepada generasi muda untuk terus mengamalkan Pancasila, dan di sekolah-sekolah pun ada pelajaran atau didikan berkaitan dengan Pancasila,” tandasnya.

Senada disampaikan Kepala Kesbangpol Kota Serang, Ahmad Benbela. Ia mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai pedoman bagi masyarakat Indonesia, agar persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia tidak terputus hanya karena jarak yang berjauhan, ras yang berbeda, dan suku yang beragam.

“Pancasila sudah menjadi komitmen seluruh masyarakat Indonesia sebagai dasar negara. Karena ini bukan sesuatu yang diada-adakan, pola kehidupan masyarakat Indonesia sudah sesuai dengan sila-sila yang ada di Pancasila,” ungkapnya.

Ia menyatakan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila bukan berarti Kembali menjelaskan tentang apa itu Pancasila kepada masyarakat. Namun, ingin mengingatkan Kembali bahwa Pancasila yang paling cocok sebagai dasar negara di Indonesia.

“Karena Indonesia majemuk, suku bangsanya, pulau-pulaunya banyak, bahasanya juga banyak, agamanya juga banyak tidak hanya satu agama. Orang Indonesia sudah pasti berketuhanan, berperikemanusiaan, tenggang rasa yang luar biasa ada gotong royong dan sebagainya. Kemudian bersatu saat melawan penjajahan, ternyata perjuangan itu masih sektoral, tidak pernah berhasil mengusir penjajah,” tandasnya.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin