Pedoman Getizen

SEBAGAIMANA slogan kami, Gelumpai.ID berkomitmen menjadi platform bagi Getizen (Gelumpai Netizen, sebutan bagi para pembaca setia Gelumpai.ID), untuk bersama-sama mencatat berbagai hal, mulai dari rilis kegiatan, opini, hingga curhatan, sehingga dapat dikenang di kemudian hari.

Meskipun menerapkan sistem user generated content, Gelumpai.ID tetaplah media massa daring yang mengacu pada Undang-undang Pers. Sehingga, Gelumpai.ID berkomitmen untuk tetap memegang teguh etika jurnalistik, dengan mewajibkan para Getizen Creator (pengguna yang mendaftar untuk menulis di Gelumpai.ID), untuk mematuhi pedoman penulisan yang telah ditetapkan.

Sebagai platform menulis bagi para Getizen yang hidup dari jejaring periklanan daring, tentunya kami tidak secara cuma-cuma memberikan pelayanan. Secara jujur disampaikan, kami mengharapkan adanya trafik dari setiap tulisan yang dibuat oleh Getizen.

Namun, sebagai Getizen pun kalian tidak perlu khawatir. Karena, Gelumpai.ID pun menawarkan timbal balik yang setimpal. Kami menawarkan sistem poin, selanjutnya disebut Gelumpoints, bagi para Getizen yang menulis dan melakukan aktivitas pada portal media ini.

Adapun sistem Gelumpoints yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:

  • Login Harian: 100 Gelumpoints (maks 1x sehari)
  • Posting Artikel: 1.500 Gelumpoints (tanpa batas, melalui moderasi)
  • Baca Artikel: 10 Gelumpoints (maks 20x sehari)
  • Komentar di Postingan: 20 Gelumpoints (maks 4x sehari)
  • Sebarkan Postingan ke Medsos: 20 Gelumpoints (maks 5x sehari)
  • Pendaftaran pertama akan mendapat 2.000 Gelumpoints secara otomatis.

1 Gelumpoints setara dengan 1 Rupiah, dan Getizen bisa mencairkannya dalam bentuk uang, jika sudah mencapai ambang batas minimal 10.000 Gelumpoints.

Tentu saja ini menjadi kesempatan bagi kalian untuk mencari uang secara online. Kapan lagi baca berita dibayar? Hehe

Ketentuan Penulisan

1. Tidak boleh plagiat (akan kami cek menggunakan tools cek plagiarisme). Jika memang berasal dari sumber tertentu, silakan diracik ulang tulisannya.

2. Tulisan minimal terdiri dari 250 kata, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, gaul pun tidak menjadi masalah asalkan sopan.

3. Tidak menuliskan tulisan yang berbau Suku, Agama, Ras dan Aliran Kepercayaan (SARA), pornografi, melanggar aturan yang berlaku dan tidak boleh hoaks.

4. Cantumkan sumber referensi tulisan kalian pada akhir tulisan. Referensi boleh dari laman internet, buku, jurnal, YouTube, maupun media sosial lainnya.

5. Gunakan kata disadur dari, dilansir dari, dikutip dari, dan sebagainya apabila mengambil cuplikan tulisan dari referensi kalian. Contoh: dikutip dari buku Abu Nawas berjudul ABCDEFG, disebutkan bahwa...

6. Kategori yang tersedia:

  • News: Berita kegiatan, peristiwa, dan lainnya.
  • Bola & Sport: Artikel dan berita seputar bola dan olahraga
  • Entertainment: Artikel dan berita seputar hiburan
  • Wara-wiri: Artikel dan berita seputar wisata dan kuliner
  • Dunia Digital: Artikel dan berita seputar dunia digital yang mencakup perkembangan teknologi informasi hingga cryptocurrency
  • Kata Dunia: Artikel dan berita seputar kejadian-kejadian Internasional
  • Ruang Getizen: Ruang untuk curhat dan beropini terkait dengan kondisi saat ini dengan gaya bebas nan santun, namun tetap berisi dan berbobot.

7. Untuk rilis berita, pastikan telah sesuai dengan kaidah jurnalistik.
8. Pastikan tidak ada typo dalam tulisan kalian!

Ketentuan Lanjutan

1. Getizen Creator bertanggungjawab penuh atas setiap tulisan yang dibuat.

2. Getizen Creator dilarang menggunakan cara curang seperti: menggunakan tools trafik untuk meningkatkan pengunjung di setiap postingannya. Kami akan mengetahui dengan melihat rata-rata engagement setiap postingan.

3. Tim Gelumpai.ID berhak mengedit tulisan, menghapus tulisan, dan mengurangi poin yang didapat oleh Getizen Creator apabila didapati telah melanggar aturan yang telah disepakati.

Siap untuk menjadi Getizen Creator? Klik tautan DI SINI untuk menuju step selanjutnya ^_^