TikTok Shop AS Makin Gila: Raup $100 Juta di Black Friday!
GELUMPAI.ID – Pengguna TikTok di Amerika Serikat nampaknya lagi kalap berbelanja di platform e-commerce TikTok Shop, terutama selama musim belanja liburan tahun ini. Berdasarkan analisis Reuters menggunakan data dari Facteus, TikTok Shop berhasil meraup pangsa pasar signifikan sejak diluncurkan pada September 2023.
Platform ini berfungsi sebagai kanal e-commerce untuk brand-brand besar seperti e.l.f. Cosmetics dan Ninja Kitchen. Dalam rilis akhir November, TikTok Shop mengklaim penjualan mereka tembus $100 juta di momen Black Friday, sehari setelah Thanksgiving—momen di mana konsumen AS biasanya kalap belanja online. Disebutkan pula, jumlah pembeli bulanan TikTok Shop melonjak hampir tiga kali lipat. Reuters sendiri menyatakan tidak dapat memverifikasi klaim ini secara independen.
Namun, TikTok Shop berada di tengah badai kebijakan. Pada Jumat lalu, pengadilan banding federal AS memperkuat aturan yang memaksa ByteDance, perusahaan induk TikTok asal China, untuk menarik TikTok dari AS paling lambat awal tahun depan. Jika benar-benar terjadi, larangan itu bisa berdampak juga pada operasional TikTok Shop di Negeri Paman Sam.
TikTok Shop, Alternatif Tanpa Lawan
Erik Huberman, CEO agensi pemasaran Hawke Media, mengatakan TikTok Shop adalah “saluran distribusi baru yang dimanfaatkan brand dengan sangat baik. Jika ini hilang, akan menjadi aliran pendapatan yang besar yang juga hilang.”
Mirip dengan pesaingnya seperti Shein dan Temu, TikTok Shop menampilkan produk dari vendor pihak ketiga, termasuk yang berbasis di Tiongkok. Mereka bersaing ketat soal harga dan kini berusaha menarik penjual AS dengan biaya lebih rendah demi mempercepat pengiriman barang.
Influencer Jadi Kunci Sukses
Popularitas TikTok sebagai aplikasi media sosial dengan 170 juta pengguna AS menjadi senjata utama. Para pedagang TikTok Shop memanfaatkan influencer dan iklan bersponsor untuk memasarkan produk mereka. Pembeli bisa langsung menyelesaikan pesanan, terkadang dengan bantuan layanan pihak ketiga.
Jasmine Whaley (31), seorang pembeli dari York, Pennsylvania, mengaku TikTok Shop jadi surga belanja barunya untuk pakaian, produk skincare, dan Crocs. Tahun ini, Jasmine sudah menghabiskan hampir $700 di TikTok Shop setelah tergiur video influencer dan iklan yang berseliweran.
Tinggalkan Komentar