XL Axiata Kolaborasi Dengan MoEngage, Dorong Peningkatan Pengalaman Pelanggan
GELUMPAI.ID – Penyedia layanan komunikasi, XL Axiata, menjalin kerja sama dengan MoEngage untuk meningkatkan pengalaman pelanggannya.
Hal itu dengan mendorong demografis anak muda untuk mulai menggunakan aplikasi AXISNet dan penawaran yang tersedia, seperti pemilihan paket yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.
Sebagai bagian dari kolaborasi ini, AXIS menggunakan MoEngage untuk membentuk kampanye konversi dan mendorong aktivitas yang lebih baik di antara pengguna aplikasi dengan membuat profil pelanggan secara 360 derajat.
Serta, memahami preferensi dan minat pelanggan. Hal ini membantu AXIS mengurangi ketergantungannya kepada tim teknologi.
Industri telekomunikasi Indonesia merupakan salah satu yang paling cepat berkembang di Asia, dengan nilai pasar sebesar USD 7,11 miliar.
Penggunaan broadband seluler maupun berbasis kabel semuanya merupakan bagian dari industri ini, serta adanya perkembangan bisnis telekomunikasi di tanah air dan adaptasi dengan cepat seiring dengan pergeseran pelanggan ke era digital.
Target demografis utama AXIS dalam menawarkan aplikasi terintegrasi bernama AXISNet adalah Milenial dan Generasi Z, di mana saat ini mereka mengkonsumsi banyak paket data namun tidak begitu tertarik untuk menggunakan aplikasi AXISNet dan beragam layanan yang ditawarkan.
Dengan fokus yang kuat pada pertumbuhan penggunaan aplikasi seluler, terutama di antara target demografis tersebut, AXIS memprioritaskan keterlibatan dan konversi konsumen melalui aplikasi.
Hal inilah yang coba diselesaikan oleh AXIS melalui kemitraan dan kolaborasi dengan MoEngage.
Head Product and Design Services XL Axiata, Reza Mirza, mengatakan bahwa tujuan bisnis yang dilakukan oleh pihaknya adalah untuk mendorong adopsi aplikasi seluler, meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi kampanye push, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan aplikasi.
“Dari hal tersebut, kami ingin menurunkan churn dan meningkatkan retensi. Kami juga berharap dapat meningkatkan jumlah pengguna aplikasi aktif dengan dukungan MoEngage,” ujarnya dalam rilis.
Sebelum AXIS berkolaborasi dengan MoEngage, tim AXIS mengandalkan Firebase Cloud Messaging (FCM), layanan pengiriman Push Notification dari Google.
Sebagai akibat dari perangkat yang terputus dari FCM, sebagian besar notifikasi push AXIS tidak cukup diperhatikan, menghasilkan interaksi dan lifetime value (LTV) yang buruk.
Dengan sistem manajemen kampanye internal untuk membantu pembuatan profil pelanggan, pihaknya sangat bergantung pada fungsi teknologi.
Untuk saat ini, mereka dapat memperoleh profil pelanggan secara 360 derajat dengan mudah tanpa bergantung kepada tim teknologi, memahami preferensi dan afinitas pelanggan melalui platform keterlibatan berbasis wawasan MoEngage.
“Kami kemudian dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan aktivitas dan perilaku mereka, dan meluncurkan kampanye omni-channel untuk meningkatkan penyerapan dan penggunaan aplikasi kami, AXISNet,” ucapnya.
Dengan memanfaatkan platform MoEngage, AXIS saat ini telah menjangkau lebih dari 10 juta pelanggan yang menggunakan Aplikasi AXISnet. Mereka telah mampu membuat 39 juta tayangan dan mempengaruhi 12 juta konversi melalui pop-up di dalam aplikasi.
AXIS mampu mengirimkan 500+ juta notifikasi setiap bulannya, menghasilkan 223 juta pembukaan aplikasi dan mempengaruhi 67 juta konversi. Pada bulan Desember tahun lalu, Push Amplification menghasilkan peningkatan 17,3 persen dalam pengiriman push.
Selain itu, monthly average user (MAU) meningkat sebesar 89,5 persen dalam wa lktu kurang dari setahun (dari April hingga Desember 2021), dibandingkan dengan perkiraan di angka 88 persen.
Associate Director, Enterprise Sales, MoEngage Inc, Divya Jagwani, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu brand seperti AXIS, agar tetap berada di puncak tujuan keterlibatan pelanggan mereka melalui platform tangguh yang menawarkan skala tak tertandingi.
“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan AXIS dan berharap dapat membantu mereka mencapai keterlibatan terbaik di kelasnya dan membawa hubungan pelanggan ke tingkat yang lebih tinggi,” ucapnya.