Tips Cuan Trading Kripto di Tengah Anjloknya Pasar

GELUMPAI.ID – Sepanjang awal tahun 2022, market aset mengalami penurunan yang signifikan, jika dibandingkan pada November tahun lalu.

Market dikejutkan oleh beberapa kejadian besar yang berdampak pada anjloknya nilai sejumlah aset , terutama yang berkapitalisasi besar (big cap), seperti , Ethereum, Tether dan lainnya.

Trader Tokocrypto, Afid Soegiono, melihat saat ini investor memang cenderung merespons negatif dan bersikap wait and see terkait sejumlah peristiwa global, yang membuat nilai dan aset lainnya anjlok.

Sehingga membuat pasar bergerak lambat. Namun, dibalik itu sebenarnya ada peluang untuk investor mengambil profit.

“Biasanya, para investor dan trader aset kawakan akan masuk ke pasar dan mengambil keuntungan saat harganya sedang turun. Istilahnya buy the dip,” kata Afid.

Baca Juga:  CBDC dan Aset Kripto Bisa Tingkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

“Investor punya insting bahwa penurunan harga sebuah aset adalah saat yang tepat untuk mengakumulasi portofolio asetnya,” lanjut dia.

Afid menambahkan bahwa setiap investor pasti punya karakter masing-masing. Kebanyakan investor yang berpengalaman akan melakukan buy the dip dengan tujuan melindungi nilai kekayaan.

Makanya, tak heran jika mereka langsung memborong sebuah aset saat harganya tengah anjlok.

Sementara itu, investor yang memborong di harga murah, bisa saja kemudian dijual kembali saat pasar merangkak pulih dan harganya menunjukkan tren peningkatan kembali.

Namun, perlu diingat kembali bahwa itu berisiko tinggi dan sangat spekulatif, perlu kehati-hatian dalam mengambil keputusan.

Baca Juga:  Pernyataan OJK yang Larang Perbankan Fasilitasi Transaksi Kripto Tuai Kritik

“Melakukan riset terlebih dahulu mengenai yang akan dibeli. Membeli sesuai kemampuan dana yang dimiliki dan gunakan ‘uang dingin’. Investor juga bisa melakukan diversifikasi aset atau istilahnya jangan taruh telur dalam satu keranjang,” saran Afid.

Ada beberapa tips yang Afid ungkap untuk mengambil cuan di tengah keruntuhan pasar kripto. Adapun pendekatan mana yang terbaik, investor perlu memutuskan sendiri.

Tips ini akan sangat bergantung pada toleransi risiko masing-masing investor, serta keyakinan mereka soal pasar akan bergerak selanjutnya.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

  • Gelumpai.ID All Right Reserved