Amerika Batalkan Bantuan 130 Juta Dolar ke Mesir, Tapi Setuju Penjualan Senjata Senilai 2,5 Miliar Dolar

GELUMPAI.ID – Pemerintahan Biden telah mengumumkan bahwa mereka membatalkan bantuan militer senilai 130 juta dolar ke Mesir karena masalah hak asasi manusia, hanya beberapa hari setelah Amerika Serikat menyetujui penjualan senjata besar-besaran senilai 2,5 miliar dolar ke negara itu.

Departemen Luar Negeri mengatakan pada hari Jumat bahwa Mesir belum memenuhi persyaratan untuk menerima $130 juta dalam pembiayaan militer asing yang telah ditahan sejak September. Dikatakan uang itu akan dialihkan ke program lain tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Dalam mengumumkan pembatalan tersebut, departemen tersebut tidak menyebutkan penjualan pesawat angkut militer dan sistem radar senilai $2,5 miliar yang telah disetujui pada hari Selasa; pengumuman untuk kesepakatan itu tidak menyebutkan $130 juta yang dibekukan.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada bulan September menyetujui pelepasan $300 juta dalam pembiayaan militer asing ke Mesir tetapi menahan $130 juta lagi kecuali pemerintah menangani “kondisi khusus terkait hak asasi manusia” pada akhir Januari.

“Batas waktu untuk memenuhi persyaratan itu akan segera berlalu,” kata departemen itu. “[Pemerintah Mesir] membuat kemajuan penting pada kondisi tersebut tetapi hingga saat ini belum memenuhi semuanya. Oleh karena itu, setelah 30 Januari, sekretaris bermaksud untuk memprogram ulang $130 juta untuk prioritas keamanan nasional lainnya.”

Ditanya tentang ketidakkonsistenan yang tampak, para pejabat AS mengatakan bantuan militer dan penjualan senjata tidak ada hubungannya.

Mereka mengatakan Mesir akan menanggung biaya pembelian 12 pesawat angkut Super Hercules C-130 senilai $2,2 miliar bersama dengan sistem radar pertahanan udara senilai sekitar $355 juta.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID

Tinggalkan Balasan