Banyak Masyarakat Kota Serang Ogah Pakai Kondom

GELUMPAI.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang mengungkapkan bahwa minat penggunaan jenis rendah. Penggunaan oleh di Kota Serang tidak sepererti yang diharapkan.

Kepala DP3AKB, Anton Gunawan, mengatakan bahwa persediaan sangat melimpah. Ia mengatakan, dari sasaran lebih dari 1.000 pengguna , terhitung bulan Mei 2022, hanya ada 180 pengguna yang bisa didapatkan di fasilitas Kesehatan (Faskes) Puskesmas dan bidan.

“Jadi sebenarnya sasarannya jauh dari ini, apakah sisanya beli sendiri atau apa, tapi menurut sasaran sebenarnya penggunaan kondom tidak sebagaimana yang diharapkan, mungkin ada yang beli sendiri atau memang kurang (minat) ke kondom itu sendiri,” ujarnya, usai mengikuti Apel Hari Kesadaran Nasional, Senin (20/6) di Puspemkot Serang.

Anton mengatakan bahwa stok kondom saat ini masih sangat cukup. Bahkan, hingga triwulan satu di tahun 2022 ini, pihaknya tidak mengajukan pengadaan kondom ke pusat.

“Untuk sampai triwulan satu ini belum mengusulkan, karena stok tahun kemarin masih ada,” katanya.

Ia menjelaskan, sasaran di Kota Serang yang menggunakan kondom di tahun 2021 kurang lebih 150 dus. Dimana setiap satu dus berisi 12 kotak yang masing-masing berisikan 6 kondom, dengan jenis kondom beraroma dan bergerigi.

“Khusus untuk kondom, biasanya kita usulkan. Tapi kalau untuk kondom tanpa diusulkan pun suka datang dan dikirim, misalnya mengusulkan 10 dus, dikirim 20 dus, khusus untuk kondom, mungkin stok di pusat banyak,” tuturnya.