Bersama Wartawan, Bawaslu Kota Serang Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

GELUMPAI.ID – Dalam rangka menghadapi Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama dengan wartawan Kota Serang, Minggu (2/10) di Hotel Wisata Baru, Kota Serang. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya yang dilakukan oleh Bawaslu, guna menyadarkan masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan saat pelaksanaan Pemilu.

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi, Masyarakat dan Humas pada Bawaslu Kota Serang, Rudi Hartono, mengungkapkan bahwa pengawasan partisipatif tidak bisa hanya dilakukan oleh Bawaslu Kota Serang. Ia mengakui adanya keterbatasan personel, sehingga pengawasan dirasa belum maksimal.

“Bawaslu sendiri memiliki keterbatasan personel, sehingga mungkin (pengawasan) dirasa kurang maksimal. Kalau masyarakat sadar dan paham serta mau mengawasi Pemilu ini, saya yakin outputnya hasil Pemilu akan lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Rudi menyampaikan, untuk menindaklanjuti amanat Undang-undang, pihaknya harus melakukan pengawasan partisipatif yang tujuannya untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat. Meski begitu, pengawasan Pemilu tidak bisa hanya dilakukan oleh Bawaslu, harus bersama masyarakat, supaya sadar untuk bersama-sama mengawasi pesta demokrasi ini.

“Sebelumnya, Bawaslu Kota Serang sudah melaksanakan sekolah kader pengawasan partisipatif pada ajang Pilkada tahun 2019. Meskipun program Bawaslu RI, kami telah menjalin mitra dengan masyarakat untuk diberikan pemahaman berkaitan dengan pengawasan partisipatif menjelang Pemilu serentak tahun 2024,” terangnya.

Rudi menjelaskan bahwa pelanggaran Pemilu biasanya banyak terjadi di masa kampanye. Berkaca pada Pemilu tahun 2019, pihaknya menerima laporan dan temuan sebanyak 111 kasus yang kemudian satu kasus pelanggaran pidana Pemilu naik ke Pengadilan.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin

Tinggalkan Balasan