BPBD Kabupaten Serang Canangkan Professional Disaster

GELUMPAI.ID – Dalam rangka meminimalisir banyaknya korban dalam bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang melakukan sosialisasi dan juga pelatihan untuk masyarakat agar lebih sigap ketika ada bencana.

Sebab, BPBD dianggap memiliki peranan penting dalam penanggulangan bencana serta pemberian edukasi kepada masyarakat terkait kesiapsiagaan bencana.

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana. Ia mengungkapkan bahwa dalam sosialisasi bencana, pihaknya memiliki bidangnya tersendiri dan berencana akan membentuk professional disaster di instansi terkait.

“Kita di tahun ini mencoba membentuk professional disaster untuk industri, pariwisata, serta sekolah. Jadi, nanti industri-industri nanti punya 10 atau 20 orang professional disaster yang kita latih. Kalau berbicara sosialisasi, kita punya bidang kesiapsiagaan pencegahan, tentunya sepanjang tahun BPBD melakukan pembinaan, apakah membentuk desa tangguh bencana,” ujar Nana, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/3).

Ia pun menekankan bahwa professional disasters yang akan dibentuk oleh BPBD bukan hanya siap secara personil, namun juga mapan dalam segi sarana prasarana.

“Mereka bukan hanya punya SDM-nya, tapi sarana prasarana juga punya. Nah ketika jadi bencana, mereka bisa kita turunkan dengan bendera-benderanya masing-masing,”

Nana menjelaskan, meskipun tidak ada bencana, sosialisasi kebencanaan selalu dilakukan oleh BPBD sepanjang tahun. Pihaknya turut membentuk relawan-relawan bencana, melakukan simulasi-simulasi bencana, membentuk sekolah tangguh bencana, sekolah aman bencana sebagai bentuk sosialisasi,

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID