Buruh Tewas Tergiling Mesin, Disnakertrans Banten Kumpulkan Kesaksian

GELUMPAI.ID – Penyidik/Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Banten, Rachmatullah, membenarkan adanya peristiwa kecelakaan kerja di PT Rexcon Indonesia yang terjadi pada hari Selasa sekitar pukul 07:30.

Usai kejadian tersebut, pihak Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Banten kemudian melakukan olah TKP pada hari Rabu, 16 November 2022 sekitar pukul 14:30 WIB.

“Kami melakukan olah TKP, hasilnya bahwa memang benar telah terjadi kecelakaan kerja pada hari Selasa dan informasi saksi kejadiannya pukul 07:30 WIB,” ujarnya.

Sementara ini, pihaknya masih menunggu penjelasan saksi untuk dimintai keterangan awal.

Dalam hal kecelakaan kerja yang terjadi di PT Rexcon Indonesia, pihaknya menduga ada dua penyebab yaitu kondisi mesin saat dilakukan perbaikan, dan tindakan berbahaya yang tidak memenuhi unsur keamanan secara penuh.

“Karena saksi masih trauma, jadi kami tunggu ke kantor bersama dengan saksi lainnya untuk dimintai keterangan awal untuk ditindaklanjuti,”

“Hari jumat kami akan ekspos apakah ini karena kondisi atau karena tindakan yang berbahaya, karena keduanya masuk,” tandasnya.

Ia menjelaskan bahwa dari pihak perusahaan telah berupaya untuk melapor kepada pihak pengawas ketenagakerjaan.

Kemudian, saat itu pihaknya belum bisa menanyai saksi dan pihak keluarga, karena masih dalam keadaan trauma atas peristiwa yang menimpa rekan kerjanya.

“Perusahaan melapor tapi formatnya salah, tapi kami sudah menyampaikan format pelaporan yang benar seperti apa?”

“Kami menunggu perusahaan menyampaikan laporan terkait dengan peristiwa kecelakaan kerja, dan baik saksi maupun keluarga masih trauma,” jelasnya.

Taufiq Solehudin
WRITTEN BY

Taufiq Solehudin

Suka menyimak, tertarik menjadi pendengar yang baik, tapi tidak minat dengan kopi | Soup Beef Enthusiast

Tinggalkan Balasan