Jakarta Sabet Gelar Juara Kota Penanggulangan Perubahan Iklim Terbaik

GELUMPAI.ID – Setelah mengikuti seleksi dan tahap penjurian pada One Planet City Challenge (OPCC) periode 2021-2022, Provinsi terpilih menjadi pemenang nasional OPCC periode 2021-2022.

Sebelumnya, Provinsi telah memenangkan tiga kali ajang OPCC di tahun 2015, 2016, dan 2018. Sebagai pemenang nasional, maka Jakarta memenuhi syarat untuk dipertimbangkan sebagai salah satu dari dua pemenang global yang akan diumumkan pada Juni 2022.
 
Dewan juri yang terdiri dari pakar perkotaan internasional, terkesan pada upaya penanggulangan Provinsi yang komprehensif. Jakarta secara ambisius telah menetapkan target pengurangan emisi karbon jangka pendek pada tahun 2030.

Selain itu, juga memiliki rencana aksi mitigasi yang konkret pada sektor-sektor penyumbang emisi gas rumah kaca yang tinggi, khususnya di sektor transportasi.
 
“Sejalan dengan perjanjian paris untuk menjaga suhu bumi tidak naik lebih dari 1,5 derajat, maka Provinsi telah mengeluarkan Pergub Nomor 90 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah karbon Yang Berketahanan Iklim,” ujar Gubernur , , Selasa (31/5).

“Dengan adanya Pergub tersebut, maka diharapkan DKI Jakarta dapat  menunjukkan bahwa pembangunan dapat dilakukan dengan rendah emisi karbon,” lanjutnya.
 
Mendampingi Kota DKI Jakarta, Kota Balikpapan dan Kota Probolinggo juga terpilih sebagai finalis nasional OPCC 2021-2022. Ini merupakan keempat kalinya kota Balikpapan terpilih sebagai finalis.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID