Kata Ketua KPK, ASN Korupsi Karena Gak Pancasilais

GELUMPAI.ID – Dalam rangka menananmkan nilai-nilai Pancasila kepada Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Provinsi Banten, para petinggi negara turun langsung ke Provinsi Banten yang diselenggarakan di pendopo Kantor Gubernur Provinsi Banten pada Senin (14/11).

Dalam Acara Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila terpantau hadir Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri,  Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Karjono, dan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, serta aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Banten.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, Pancasila lahir sebagai ideologi dasar negara yang menyatukan tekad semua rakyat Indonesia. Pasca kemerdekaan, Pancasila sebagai dasar negara juga sering dihadapkan dengan berbagai tantangan yang tak ringan.

“Terlepas dari dinamika perkembangan zaman, kita semua bisa menyaksikan jika Pancasila tetap teguh sebagai pandu kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari hal itu, menyadarkan kita jika Pancasila merupakan ideologi yang hidup tetap relevan dan mampu menjawab aneka tantangan, dan Pancasila bukan dogma yang kaku, tetapi sebagai ideologis yang luhur,” ungkap Ma’ruf.

Ma’ruf kemudian berpesan agar Pancasila harus diamalkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan, karena Pancasila harus menjadi living and working ideology. ASN diharapkan menjadi pelayan publik secara totalitas, maka nilai Pancasila harus ada dalam peraturan ASN termasuk peraturan lembaga dan daerah.

Rifqi Fatahilah
WRITTEN BY

Rifqi Fatahilah

Kenyamanan dalam bekerja merupakan kunci untuk mendapatkan hasil yang paripurna

Tinggalkan Balasan