Konveksi Jadi Potensi Ekonomi Kelurahan Sukawana

GELUMPAI.ID – Sukawana, Kecamatan Serang, Kota Serang, memiliki potensi ekonomi utama yaitu konveksi. Hingga kini, konveksi Sukawana terus melebarkan sayapnya, bahkan mengekspor hingga ke Banda Aceh.

Hal itu diakui oleh Lurah Sukawana, Ahmadi. Menurutnya, salah satu potensi yang besar di wilayahnya yaitu konveksi mulai dari usaha konveksi mikro, kecil hingga partai besar.

“Warga Sukawana mayoritas menekuni usaha konveksi, banyak yang terampil menjahit hingga banyak menerima pesanan,” ujarnya, Jumat (18/11).

Ia menjelaskan bahwa warganya menggeluti usaha konveksi tidak hanya berdiam diri di rumah. Ada yang berkeliling dengan menggunakan kendaraan bermotor dan ada juga yang memasarkan jasa konveksi melalui aplikasi perdagangan secara daring.

“Konveksi di Sukawana menerima pesanan pakaian seragam, baik seragam sekolah, kaos olahraga dan pesanan khusus lainnya. Banyak warga kami yang keliling ke setiap daerah, bahkan sampai ke Kota Cilegon pakai motor,” tuturnya.

Menurutnya, pihak kelurahan turut memberikan pembinaan melalui kerjasama dengan sejumlah instansi. Salah satunya yaitu melakukan pembinaan kerjasama dengan pihak Bank Indonesia (BI).

“Sebelumnya, pihak kelurahan melakukan pembinaan terhadap pelaku konveksi di Sukawana. Kemudian ada juga program bantuan kredit usaha rakyat (KUR) kerjasama dengan perbankan, untuk permodalan mereka berusaha,” ungkapnya.

Yang terbaru, dalam rangka memajukan pelaku usaha konveksi mikro, kecil dan menengah di Sukawana, pihak Kelurahan akan bekerjasama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Menurutnya, terlebih dahulu pihaknya mendapatkan tawaran untuk pembinaan usaha konveksi di Sukawana.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin

Tinggalkan Balasan