Libatkan Kaum Milenial, Bawaslu Kabupaten Serang Ajak Awasi Pemilu 2024

GELUMPAI.ID – Menyambut gelaran pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Serang ajak kaum milenial untuk berpartisipasi aktif dalam proses pengawasan pemilu.

Pelibatan kaum milenial dalam proses pengawasan pemilu, merupakan sebagai bentuk upaya mengimplementasikan amanat undang-undang pelibatan masyarakat secara aktif.

Yadi selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Serang mengungkapkan, pihaknya sengaja menggelar acara sosialisasi dengan menyasar kalangan kaum milenial yaitu mahasiswa.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari akademisi dan Komisioner Bawaslu Provinsi Banten itu, ditujukan untuk mengajak kaum milenial untuk bersama-sama berpartisipasi aktif melakukan pengawasan Pemilu.

“Hari ini (kemarin) kami menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang melibatkan kaum milenial,”

“Maksud dantujuannya kami ingin mengajak kepada kaum milenial ini untuk bisa berpartisipasi aktif dalam tahap proses pengawasan pelaksanaan Pemilu tahun2024,” ujarnya pada Kamis, 17 November 2022.

Lebih lanjut, Yadi pun menjelaskan bahwa tugas dari pengawasan pemilu tidak hanya dibebankan kepada Bawaslu.

Pasalnya jika demikian, maka Bawaslu akan menghadapi kendala berupa keterbatasan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang tersedia.

“Kami juga memiliki SDM yang terbatas di Kabupaten Serang hanya 5 orang di Panwas (panitia pengawas) Kecamatan hanya 3 orang,”

“Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini bukan hanya hari ini saja dilakukan, sebelumnya pun kami melakukan kegiatan serupa dengan melibatkan beberapa segmen atau kelompok organisasi,” jelasnya.

Libatkan Masyarakat Aktif Berpartisipasi Awasi Pemilu 2024

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Serang, Ary Setiawan, mengungkapkan bahwa Bawaslu dituntut untuk melakukan pengawasan partisipatif dengan melibatkan masyarakat.

Taufiq Solehudin
WRITTEN BY

Taufiq Solehudin

Suka menyimak, tertarik menjadi pendengar yang baik, tapi tidak minat dengan kopi | Soup Beef Enthusiast

Tinggalkan Balasan