LKC DD Banten Gelar Panen Raya Budikolbu Hasilkan 1,5 Ton Ikan Lele

GELUMPAI.ID – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Banten berhasil panen sebanyak 1,5 ton lele yang diternak dengan metode Budikolbu.

Budikolbu sendiri merupakan singkatan dari Budidaya Ikan dalam Kolom Buatan, salah satu program dari Dompet Dhuafa.

Lele sebanyak 1,5 ton itu dilakukan pada peyelenggaraan Panen Raya Budikolbu di wilayah Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok, Kota Serang, Rabu (16/2/2022).

Kepala LKC-DD Banten, Danan Panggih Wisastra, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu indikator Ketahanan Pangan yang digulirkan oleh LKC-DD Banten pada masa pandemi.

“Budikolbu ini merupakan scale up dari Program Ketahanan Pangan yang dulu kita gulirkan di masa pandemi, hari ini merupakan panen tahap ke-5 dari Program Budikolbu ini, total target panen di siklus ini senilai 1,5 ton dari jumlah bibit yang kita tebar,” ujarnya.

Pihaknya berharap hasil dari panen raya tersebut nantinya akan bisa mendanai program-program kesehatan, yang ada daerah tersebut.

“Khususnya program kesehatan yang berbasis masyarakat, posyandu, posbindu, pendampingan bayi balita, ibu hamil dan juga pendampingan penyakit tidak menular,” tutur Danan.

Menurutnya, panen tersebut merupakan panen ke-5 yang dilakukan oleh pihaknya bersama dengan masyarakat.

“Pada hari ini kita panen di tahap ke-5, di nilai 400 Kg atau 4 Kwintal, tapi karena penampungan ikan sudah full, sehingga kita panen 200 Kg dulu, sisanya 200 Kg akan kita panen esok hari,” terangnya.

Lurah Cipocok Jaya, Linin, menyambut baik dan mengapriasi kinerja LKC-DD Banten, melalui program yang sudah bergulir di lingkungan Kelurahan Cipocok Jaya tersebut.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID