Siswa MI Islamiyah Ciwaru Dikenalkan Sejarah Banten

Foto Siswa-siswi MI Islamiyah Ciwaru saat dikenalkan tentang pahlawan

GELUMPAI.ID – Ratusan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Ciwaru diboyong ke Lama, Kamis (10/11). Bertepatan dengan momentum Nasional, para siswa tersebut kemudian dikenalkan sejarah Banten dan para serta budaya masyarakat tempo dulu.

Kepala Sekolah MI Islamiyah Ciwaru, Anwar Malik, mengungkapkan bahwa di momentum ini, pihaknya sengaja membawa siswa ke agar dapat mengenal sejarah Banten. Menurutnya, jangan sampai para siswa tinggal di Banten, namun tidak tahu tentang sejarah Banten.

“Kebetulan di ini, Madrasah mempunyai program yang sifatnya mengenalkan sejarah. Agar mereka (para siswa, red) meneladani para yang telah berjuang untuk tanah airnya,” ujarnya.

Di , sebanyak 145 siswa dari Kelas 1,2 dan 6 ini dipandu berkeliling situs sembari diberikan penjelasan tentang situs yang diperlihatkan. Tak hanya itu, para siswa juga diperlihatkan video dokumenter tentang Indonesia.

“Program pengenalan sejarah antara lain kunjungan ke Banten Lama, melukis atau menggambar yang kemudian menceritakannya. Ada juga kegiatan menonton Indonesia,” tuturnya.

Anwar menyampaikan alasan lebih memilih mengenalkan sejarah langsung di lokasi bersejarah seperti Banten Lama. Menurutnya, masih kental dengan sejarah dan budayanya, sehingga para siswa dapat diperlihatkan secara langsung peninggalan sejarah Kesultanan Banten.

Rifqi Fatahilah
WRITTEN BY

Rifqi Fatahilah

Menabung rindu bukan bagian dari investasi. So! Mending baca berita gelumpai.id daripada berlarut-larut dalam romantisme receh

Tinggalkan Balasan