Tanggapi Sindiran Jokowi, Surya Paloh: Pencapresan Tokoh tidak Berkaitan dengan Etika Koalisi

Foto : Surya Paloh/Detiknews

GELUMPAI.ID tegaskan penetapan sebagai calon Presiden (Capres) tidak bertentangan dengan kesepakatan koalisi partai politik (parpol) pendukung pemerintahan Joko Widodo ()- Ma’ruf Amin.

Ketua Umum (Ketum) Partai , juga menilai pencapresan seorang tokoh tidak berkaitan dengan etika koalisi.

Dilansir dari portal berita kompas.com, Sebaliknya, mempertanyakan kesepakatan seperti apa yang selama ini menjadi garis besar batasan aturan di antara parpol koalisi pemerintah.

“Apa hal yang bertentangan dengan mencalonkan, mendeklarasikan salah satu anak bangsa ini coba. Partai koalisi komitmen kita apa?” ujar di Tower, Gondangdia, Sabtu (22/10/2022).

“Komitmen kita itu berpegang pada prinsip-prinsip garis kebijakan pemerintah, itu coba terjemahkan sampai batas akhir masa bakti dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kita enggak pernah terlanggarkan kan? Apa ada kesepakatn di koalisi kita harus mencalonkan si A kalau si B itu melanggar?” katanya lagi.

Menurut , lain kondisinya jika parpol koalisi pemerintah menetapkan aturan di atas kertas dan disepakati bersama.

Sebab, menurutnya, dalam konteks koalisi sesuatu yang disebut bertentangan adalah saat ada hal yang melanggar garis kebijakan presiden.

“Kecuali presidennya bilang, ‘Saya enggak cocok’. Bilang, ‘cabutlah itu, janganlah itu jadi capresnya ’ lain ceritanya. Patuh, enggak ?” ujar Surya Paloh.

Rifqi Fatahilah
WRITTEN BY

Rifqi Fatahilah

Menabung rindu bukan bagian dari investasi. So! Mending baca berita gelumpai.id daripada berlarut-larut dalam romantisme receh

Tinggalkan Balasan