Temui Joe Biden di KTT G20, Xi Jinping Beri Peringatan Keras Soal Taiwan

Xi Jinping menyampaikan peringatan keras kepada Joe Biden di sela pertemuan KTT G20 terkait perihal konflik di Taiwan/Reuters/Kevin Lamarque

GELUMPAI.ID – Presiden akhirnya temui di sela acara yang diselenggarakan di Bali, Indonesia.

Dalam pertemuan itu selaku presiden China, mengingatkan untuk tidak ikut campur dalam konflik Taiwan.

Pasalnya bagi Xi, Taiwan merupakan inti dari kepentingan China sekaligus juga batas pertama yang tidak boleh dilewati oleh Amerika, dalam hubungan bilateral kedua negara tersebut.

“Status Taiwan adalah inti dari kepentingan inti China, landasan politik dari hubungan China-Amerika Serikat, dan garis batas pertama yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan China-Amerika Serikat,” kata dilansir dari CNN Indonesia pada Selasa, 15 November 2022.

Diketahui sebelumnya hubungan antara China dengan Amerika Serikat sempat memanas, akibat dari konflik yang terjadi di Selat Taiwan.

Pihak Beijing menilai jika negeri ‘Paman Sam’ terlalu ikut campur tangan terhadap konflik yang terjadi, dan menunjukkan dukungannya terhadap Taiwan untuk merdeka dari China.

Usai pertemuan tersebut, Presiden Amerika Serikat dalam konferensi pers justru mengelak, jika pihaknya terlalu ikut campur tangan terhadap konflik yang terjadi.

Saya tidak berpikir ada upaya China dalam waktu dekat untuk menginvasi Taiwan. Saya juga menegaskan kepadanya () komitmen kami (AS) kepada Taiwan tidak berubah sama sekali,” ucap Biden.***

Taufiq Solehudin
WRITTEN BY

Taufiq Solehudin

Suka menulis, tertarik jadi pendengar, namun tidak begitu minat dengan kopi | Beef soup enthusiast

Tinggalkan Balasan