Warga Unyur Gotong Royong Bangun Frontage

 

GELUMPAI.ID – Ratusan warga Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang mulai melakukan pengurugan secara mandiri di perlintasan rel kereta api ruas Jalan Frontage Unyur pada Sabtu, 19 November 2022.

Warga yang berasal dari tiga perumahan dan tiga kampung di Kelurahan Unyur itu mendesak agar Frontage dapat dibangin dengan segera, meskipun harus secara swadaya.

Seperti diketahui, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebelumnya telah memasang patok pembatas pada rel kereta api, namun warga tetap bersikeras untuk mengurug jalan tersebut. Warga memandang bahwa hal itu merupakan kepentingan umum dan bukan perorangan.

Demikian diungkapkan Ketua RW 16 perumahan Taman Banten Lestari (TBL), Wijaya Fasa, disela-sela kegiatan mengurug Frontage. Menurutnya, akses jalan alternatif itu merupakan salah satu upaya untuk mengutai kemacetan di Kota Serang, khususnya wilayah Unyur.

“Ini kan sudah jelas kepentingan masyarakat, jalan (frontage) ini penting buat warga perumahan,” ujarnya.

Fasa mengatakan, ribuan warga setiap hari melewati akses jalan Frontage tersebut. Ia menyebut bahwa jalan tersebut cukup membahayakan, karena tak jarang pengendara sepeda motor jatuh terpeleset akibat perlintasan kereta api yang licin.

“Ribuan warga lewat jalan ini, dari perumahan TBL, Taman Mutiara, Bumi Indah Permai. Kemudian kampung kedaung, lebak silih, kampung Lebak Gempol dan masyarakat dari mana-mana juga banyak yang lewat sini,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, masyarakat mulai melakukan pengurugan secara swadaya tanpa ada bantuan dari Pemkot Serang. Pengurugan tersebut atas inisiatif warga yang selama ini bersabar menunggu pembangunan akses jalan Frontage selesai.

Taufiq Solehudin
WRITTEN BY

Taufiq Solehudin

Suka menyimak, tertarik menjadi pendengar yang baik, tapi tidak minat dengan kopi | Soup Beef Enthusiast

Tinggalkan Balasan