Waspada Demam Berdarah, Sejumlah Daerah di Pontang Kabupaten Serang Difogging

GELUMPAI.ID – Memasuki Era New Normal ditengah kewaspadaan terhadap covid-19, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) juga mulai merebak, dipandang perlu menjadikan perhatian khusus.

Untuk mengantisipasi, mencegah dan memberantas nyamuk aedes aegypti yang menjadi penyebar virus Demam Berdarah Dengue itu, Dinkes Kabupaten Serang bersama Puskesmas Pontang melakukan fogging untuk membasmi nyamuk penyebab demam berdarah di RT 09/03 Desa Pontang Kecamatan Pontang Kabupaten Serang, Selasa (8/2/2022).

Petugas Puskesmas, Wawan mengungkap kegiatan ini sebagai langkah pencegahan penyebaran atau penularan penyakit DBD.

“Meskipun fogging tidak memutus mata rantai nyamuk penyebar DBD karena hanya membunuh nyamuk dewasa, namun diharapkan bisa meminimalisasi penyebaran,” jelasnya.

Ia pun menegaskan walaupun fogging telah dilaksanakan, namun tetap diperlukan dukungan, kerjasama, dan peran aktif dari seluruh warga masyarakat melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus.

Mulai dari menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.

“Plus cara lain diantaranya menaburkan bubuk larvasida atau lebih dikenal dengan bubuk abate, pada tempat penampungan air yang sulit dikuras dan dibersihkan,” terangnya.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID

Tinggalkan Balasan