Momen HUT Kabupaten Serang, HMI MPO UBJ dan UIN SMH Banten Tantang Catur Pemkab Serang

GELUMPAI.ID – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Komisariat Universitas Banten Jaya (UBJ) Tantang Pemerintah Kabupaten Serang Tanding Olahraga Catur, (8/10). Mereka memanfaatkan momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Serang ke-496 tahun dengan aksi duel catur.

Aksi tersebut diikuti Komisariat UIN SMH Banten yang dipimpin Ketua Umumnya, Jafar Shodiq, Komisariat Untirta Ciwaru, Nedi Saputra bersama kader Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Khusus dan sejumlah Kader HMI MPO Komisariat UBJ.

Ketua Umum HMI MPO UBJ, Rifqi Fatahilah mengatakan, tantangan yang dilontarkan yakni pertandingan Catur Kader HMI melawan Pemkab Serang.

“Dalam aksi ini, kami dari HMI MPO Komisariat UBJ dan saudara-saudara kami di komisariat UIN, Untirta hanya meminta Pemerintah Kabupaten Serang bertemu dan bertanding bersama,” ujarnya.

Rifqi juga menjelaskan teknis dan ketentuan perlombaan Catur tersebut, hanya perlombaan praktis. Ia pun mengatakan peraturan yang ditetapkan dalam perlombaan catur tersebut.

“Teknis perlombaan catur yang kami adakan akan mempertemukan jagoan atau perwakilan dari Pemerintah Kabupaten melawan Kader terbaik HMI MPO dengan ketentuan Apabila Pemkab Serang kalah dalam pertandingan, Pemkab harus Menandatangani Piagam Kesepakatan yang berisi 5 tuntunan hasil kajian internal kami dan jika Pemkab Serang menang, kami tidak akan memaksa Pemkab dalam menandatangani Piagam Kesepakatan tersebut,” tuturnya.

Adapun bunyi lima tuntunan ialah :

  1. Percepat Pembentukan Perda Disabilitas;
  2. Bentuk Perda/aturan berkaitan dengan perlindungan perempuan dan anak;
  3. Optimalkan anggaran untuk menekan AKI-AKB
  4. Percepat perbaikan ruang kelas dan sekolah rusak, libatkan masyarakat dalam pemantauan Sekolah Aman;
  5. Maksimalkan anggaran pendidikan, termasuk beasiswa hingga perguruan tinggi, untuk menunjang peningkatan IPM.

Rifqi menyayangkan pada pelaksanaannya tidak berjalan dengan semestinya. Yang harusnya Pemerintah Kabupaten Serang hadir, tapi malah abai dengan kedatangan massa aksi.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin

Tinggalkan Balasan