Jaksa Agung RI Terima Penghargaan dari Asosiasi Jaksa Internasional

GELUMPAI.ID – Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin menerima special achievement award dari International Association of Prosecutors (IAP). Penghargaan diberikan pada kegiatan Pembukaan 27th Annual Conference & General Meeting IAP tanggal 26 September 2022 di Kavkasioni Ballroom Sheraton Tbilisi Georgia.

Cheol Kyu Hwang, selaku Presiden IAP secara langsung memberikan penghargaan tersebut didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) IAP, Han Moraal. Konferensi IAP ke-27 itu dibuka secara resmi oleh Perdana Menteri Georgia Irakhi Gharibashvili, yang didampingi oleh Jaksa Agung Georgia, Irakhi Shotadze dan Presiden IAP, Cheol Kyu Hwang.

“Pemberian penghargaan IAP terasa sangat membanggakan, karena Special Achievement Award Tahun 2022 hanya diberikan kepada 2 dari 180 negara anggota IAP di dunia,” demikian disebutkan dalam keterangan pers tertulis dari Kejaksaan RI.

Anggota IAP terdiri atas 180 negara, termasuk Indonesia. Dari ratusan negara itu, special achievement award 2022 diberikan kepada Kejaksaan Agung di Indonesia dan Dinas Kejaksaan Inggris.

“Indonesia diwakili oleh Prof. Dr Asep N Mulyana selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Inggris diwakili oleh Crown Prosecution Service (CPS) United Kingdom yakni Max Hill Director of Public Prosecutions England & Wales,” terangnya.

Kebijakan keadilan restoratif atau restorative justice yang dilakukan Kejaksaan di Indonesia, dianggap telah mampu memberikan ganti rugi kepada korban kejahatan, serta memulihkan akibat dari suatu tindak pidana.

“Salah satu pertimbangan pemberian award karena Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin dinilai telah mendemonstrasikan dedikasi khusus dalam mencapai tanggung jawab profesionalnya,” ungkapnya.

Munuf Manis
WRITTEN BY

Munuf Manis

pendiam tapi gasuka didiemin

Tinggalkan Balasan