Malam Regsosek, BPS Menjaring Puluhan ODGJ dan Tunawisma

GELUMPAI.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang bersama Petugas Pendata Lapangan (PPL) melakukan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) pada malam hari.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah melaksanakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) pada tanggal 15 Okt – 14 Nov 2022 serentak di seluruh provinsi di Indonesia.

Uniknya, Pendataan Regsosek kali ini dilakukan sejak hari Sabtu, 29 Oktober 2022 malam hingga Minggu, 30 Oktober 2022 dinihari.

Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang berhasil mendata sebanyak 23 orang tunawisma dan orang dalam gangguan jiwa atau ODGJ pada Minggu (30/10).

Jumlah tersebut didapat setelah BPS menggelar pendataan Malam Regsosek 2022 yang dimulai pada Sabtu 29 Oktober malam sekira pukul 22.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB dini hari Minggu 30 Oktober.

BPS Kabupaten Serang sendiri melaksanakan pendataan awal Regsosek dengan menerjukankan tim ke seluruh kecamatan di Kabupaten Serang. Pelaksanaan Malam Regsosek dilakukan secara serempak seluruh Indonesia yang dibagi menjadi 5 wilayah yaitu Serang bagian Tengah, Utara, Timur, Selatan dan Barat.

Kepala BPS Kabupaten Serang, Tutty Amalia, mengungkapkan bahwa Malam Regsosek merupakan rangkaian dari kegiatan pendataan awal regsosek. Menurutnya, kegiatan pendataan sengaja dilakukan pada malam hari dengan menyasar sejumlah penduduk dengan beberapa kategori.

“Kenapa kita lakukan pada malam hari, karena tujuannya adalah kita ingin menjaring namanya tuna wisma, anak buah kapal (ABK), kemudian juga mungkin ada ODGJ seperti tadi sudah kita temukan di lapangan,” ujarnya, di sela-sela pendataan.

Rifqi Fatahilah
WRITTEN BY

Rifqi Fatahilah

Kenyamanan dalam bekerja merupakan kunci untuk mendapatkan hasil yang paripurna

Tinggalkan Balasan