Rangkuman Agresi Rusia ke Ukraina Hari Pertama: Eskalasi Menuju Perang dan Bencana Nuklir

GELUMPAI.ID – Sehari sudah sejak Rusia melancarkan kampanye militer ke Ukraina. Kampanye tersebut resmi dilancarkan oleh Putin pada Kamis (24/2) kemarin.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, mengatakan militer Rusia telah mencapai tujuan yang ditetapkan untuk hari pertama invasi ke Ukraina.

“Semua tugas yang diberikan kepada kelompok pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia untuk hari itu berhasil diselesaikan,” kata Igor Konashenkov.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah menghancurkan 74 fasilitas infrastruktur militer di atas tanah di Ukraina pada hari Kamis, termasuk 11 aerodrome.

Menurut laporan penasihat Presiden Ukraina Zelenskyy, Oleksii Arestovich, puluhan orang tewas selama jam-jam pertama invasi Rusia ke Ukraina.

Oleksii Arestovich, mengatakan bahwa lebih dari 40 tentara Ukraina telah tewas dan puluhan lainnya terluka dalam beberapa jam setelah Moskow meluncurkan serangannya. Dia menambahkan bahwa hingga 10 warga sipil juga tewas.

Terbaru, Menteri Kesehatan Ukraina, Oleh Lyashko, mengatakan 57 orang tewas dan 169 terluka selama agresi berlangsung.

Badan pengungsi PBB pun memperkirakan sekitar 100.000 warga Ukraina telah meninggalkan rumah mereka dan beberapa ribu telah menyeberang ke negara-negara tetangga, terutama Rumania dan Moldova.

Kondisi itu pun membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyuarakan peringatan atas keadaan darurat kesehatan yang diperkirakan bakal terjadi di Ukraina.

“Di tengah konflik yang berlangsung cepat di Ukraina, Kantor Regional WHO untuk Eropa menegaskan kembali keprihatinan terdalamnya terhadap keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan semua warga sipil yang terkena dampak krisis di negara itu dan mungkin di luarnya,” kata WHO dalam keterangannya.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID