Rangkuman Agresi Rusia ke Ukraina Hari Pertama: Eskalasi Menuju Perang dan Bencana Nuklir

Ketua Komite Palang Merah Internasional (ICRC), Peter Maurer, telah memperingatkan invasi Rusia ke Ukraina dapat menyebabkan kematian dan kehancuran dalam skala yang “menakutkan untuk direnungkan”.

“Saya khawatir akan meningkatnya penderitaan, dengan potensi jumlah korban yang besar dan perusakan besar-besaran terhadap objek sipil seperti pembangkit listrik dan air, serta perpindahan massal, trauma, perpisahan keluarga, dan orang hilang,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“ICRC telah menyaksikan banyak konflik mulai dan meningkat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi terlalu sedikit yang berakhir, dan di masing-masing konflik itu adalah penduduk sipil yang menanggung konsekuensinya,” tambahnya.

Tentara Rusia pada hari pertama kampanye militernya terus melakukan pergerakan maju ke arah Ibukota Ukraina, Kiev. Sejumlah daerah dilaporkan dikuasai oleh militer Rusia.

Pasukan Rusia berusaha untuk menembus wilayah Kiev Ukraina dan wilayah Zhytomyr di perbatasan Belarusia.

Para pejabat Ukraina di perbatasan mengatakan Rusia menggunakan sistem roket Grad sebagai bagian dari serangannya, dan mengklaim bahwa helikopter Rusia telah menyerang bandara militer dekat Kiev.

Salah satu daerah yang berhasil dikuasai oleh Rusia yakni Chernobyl, tempat bersejarah dimana pernah terjadi ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir yang mengakibatkan ribuan korban jiwa.

Presiden Zelenskyy mengatakan bahwa pasukan Ukraina sempat mempertahankan Chernobyl dari pasukan Rusia yang berniat merebut bekas pembangkit listrik tenaga nuklir di Chernobyl, di utara Ukraina.

Di tempat lain, pemerintah regional yang bertanggung jawab atas wilayah Kherson selatan Ukraina mengatakan beberapa bagian wilayah itu telah diambil alih oleh militer Rusia.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID