Resmikan Perpustakaan Daerah Kota Serang, Walikota Serang Syafrudin Ajak Masyarakat Gemar Membaca

Senada dengan yang disampaikan oleh Walikota Serang, Kepala Perpustakaan Nasional Kota Serang Muhammad Syarif Bando menyampaikan, bahwa perpustakaan merupakan infrastruktur peradaban yang paling fundamental di seluruh dunia, karena itu simbol-simbol icon peradaban di negara maju adalah perpustakaan, museum, arsip dan galeri

“Semua perpustakaan di seluruh dunia diwajibkan menyiapkan buku cetak dan digital, kemudian dari buku digital ditingkatkan ke buku elektronik, jadi kalau buku digital itu adalah soft file dari daripada buku yang di elektronikan” kata Kepala Perpusnas RI

Beliau juga menyampaikan bahwa berdasarkan standard UNESCO minimal tiga buku baru setiap orang setiap tahun tetapi di Indonesia satu buku ditunggu 90 orang.

“Kalau untuk daerah kita akan pakai standar rasio UNESCO saja, jadi kalau semisal penduduk yang ada di Banten mencapai 700 ribu, maka butuh buku sekitar 2 juta setiap tahun, jadi sebenarnya saya adalah orang yang mengatakan budaya baca masyarakat itu sangat tinggi tetapi yang mau dibaca kurang”ungkap Syarif (Kepala Perpusnas RI).

Syarif menambahkan dengan adanya gedung perpustakaan ini akan semakin menarik minat Masyarakat dalam membaca, terlebih jika penunjang infrastruktur atau pelengkap fasilitas Perpusakaan semakin memadai dan berkembang.

“Tahun ini kami sudah berikan infrastruktur, tahun 2023 kami akan memberikan anggaran untuk pengadaan IT tapi tergantung usulan dari daerah” tambah Syarif.

Selain itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah Kota Serang yang baru, Tb. Urip menuturkan bahwa Gedung perpustakaan Kota Serang memiliki beberapa fasilitas yang dapat diminati oleh Masyarakat.

Taufiq Solehudin
WRITTEN BY

Taufiq Solehudin

Suka menyimak, tertarik menjadi pendengar yang baik, tapi tidak minat dengan kopi | Soup Beef Enthusiast

Tinggalkan Balasan