Tepis Pandangan Ponpes Kumuh, PKK Sosialisasi PHBS ke Para Nyai di Kota Serang

 

Gelumpai.ID – Tim Penggerak mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada para Nyai, sebutan bagi istri Kiyai pengasuh Ponpes, yang ada di . Hal itu untuk menampik pandangan bahwa Ponpes merupakan tempat yang kumuh, dan banyak tersebar penyakit.

Sosialisasi tersebut merupakan salah satu program dari Forum Silaturahmi () , bidang Nisa’iyah, diikuti oleh perwakilan Nyai dari masing-masing Kecamatan.

Ketua Presidium , Enting Abdul Karim, mengatakan bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang berpandangan kalau Ponpes merupakan tempat yang kumuh dan bahkan sarang penyakit. Menurutnya, hal itu harus ditampik dengan aksi nyata, salah satunya dengan mensosialisasikan PHBS.

“Para Nyai ini juga harus berperan aktif dalam membantu kiyainya, untuk mengelola Ponpes. Salah satunya yaitu agar menerapkan PHBS di Ponpes mereka. Sehingga, asumsi masyarakat bahwa Ponpes itu kumuh dan sarang penyakit dapat ditampik,” ujarnya di Ponpes Al-Islam, Kamis (6/1/2022).

Selanjutnya, dalam sosialisasi tersebut juga pihaknya menginginkan agar pengelola Ponpes dapat mengelola sampah yang dihasilkan setiap harinya. Pihaknya ingin agar Ponpes dapat benar dalam mengelola sampah, sehingga tidak menimbulkan penyakit.

“Kalau diperkirakan, mungkin 10 persen dari sampah , itu dihasilkan dari . Di Ponpes saya saja setiap minggu diangkut oleh truk sampah dua kali. Itu baru satu Ponpes, bagaimana Kota Serang yang memiliki 235 Ponpes,” terangnya.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID

Tinggalkan Balasan