Warga Komplek Depag Kota Serang Bangun Koperasi, Untuk Pasok Kebutuhan Sehari-hari

Serang, Gelumpai.ID – Ditengah pandemi Covid-19, warga Komplek Depag RT 01 Kelurahan Cipocok Jaya, Kota Serang, berinovasi membentuk Koperasi warga masjid Al-Muhajirin (KOWAMA) Pancasila. Koperasi ini sengaja dibentuk untuk memenuhi pasokan bahan pokok selama masa pandemi dan seterusnya.

Dalam rangka merawat dan membesarkan Koperasi, pengurus beserta warga melakukan pembangunan toko Kowama. Pada hari Minggu, 13 Juni 2021, secara gotong royong dilakukan peletakan batu pertama dan dilanjutkan membangun pondasi di sisi Masjid Al-Muhajirin.

“Koperasi ini merupakan gerakan gotong royong ekonomi warga berbasis Masjid, dengan nilai dan prinsip koperasi dari kita oleh kita dan untuk kita,” ungkap ketua KOWAMA Pancasila, Nasrullah.

Berjalan satu tahun, Kowama ini dibentuk berdasarkan asas kekeluargaan. Dengan ketentuan, setiap anggota menyetorkan simpanan pokok sejumlah Rp100.000 dan setiap bulan menaruh simpanan wajib sebesar Rp10.000.

“Kami memiliki stok bahan pokok, seperti beras, telur, minyak, bawang merah dan lain-lain. Semua anggota diwajibkan membeli barang yang dijual di Koperasi, adapun yang belum menjadi anggota, akan diberlakukan harga yang berbeda sedikit,” jelasnya.

Nasrullah berharap, pembangunan toko koperasi atau coop mart ini, dapat menjadi tahapan dan langkah yang dapat memberikan semangat atau motivasi pengurus, untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada anggota. Tentunya, dapat memberikan manfaat n pelayanan kepada masyarakat luas.

“Semoga Kowama bisa terus maju dan berkembang,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa jenis potensi usaha bisnis koperasi ke depan, seperti super market koperasi, tabungan umroh dan haji, tabungan qurban, tabungan bank sampah digital, pembiayaan usaha UMKM, lembaga pendidikan, lembaga Amil Zakat (LAZ) dan lain sebagainya. Sehingga perlu dikembangkan dan mengupayakan semua warga di RT 01 khususnya, menjadi anggota koperasi.

Jabied
WRITTEN BY

Jabied

Admin tampan situs Gelumpai.ID

Tinggalkan Balasan